panen padi gogo

Penggunaan kultivar unggul tahan penyakit blas, toleran kekeringan dan toleran cekaman Al, dapat menjadi teknologi paling murah dan efisien untuk meningkatkan produksi padi di lahan kering. Saat ini LIPI telah melepas dua varietas padi gogo unggul yaitu Inpago LIPI Go 1 dan Inpago LIPI Go 2 dan sejumlah galur harapan yang masih diuji diberbagai lokasi di Indonesia. Inpago LIPI Go1 dan Inpago LIPI Go2 terbentuk dari hasil persilangan kultivar Way Rarem (Indonesia) yang memiliki produktivitas tinggi dan Vandana (India) yang toleran kekeringan. Keduanya teridentifikasi memiliki marka toleransi kekeringan yang diwariskan dari kultivar Vandana

Dua varietas padi Inpago LIPI Go 1 dan Inpago LIPI Go 2 serta 8 galur harapan LIPI diharapkan dapat diadopsi petani dengan baik. Lebih jauh, diharapkan kedua varietas unggul ini dapat meningkatkan pendapatan petani lahan gogo. Seperti diketahui, tingkat sosial ekonomi petani lahan kering lebih rendah dibandingkan petani padi di lahan sawah.

Fungsi & Keunggulan

Kegunaan :

varietas padi gogo unggul buatan LIPI yang digunakan di lahan kering yang khusus dibuat agar tahan terhadap hama lokal.

Keunggulan :

Potensi hasil mencapai 8 ton/ha, umur tanaman 104-110 hari, tahan terhadap tiga ras blas utama di Indonesia, rendemen beras putih 68-68,8 %, beras kepala 74,5-88,3 %, dan telah diuji di berbagai wilayah kering di Indonesia.

Alih Teknologi :

Advance Prototype

Perlindungan HKI

Perlindungan HKI :

PVT Registered

Alih Teknologi :

Comercial Use

Peneliti

inventor :

Enung Sri Mulyaningsih M.Si.; Dr.Sukma Nuswantara M.Phil.;

Satuan Kerja :

P2 Bioteknologi (Biotechnology RC)

Kategori dan Kata Kunci

Kategori :

Makanan dan Agroindustri

Kata Kunci :

ricedry land ricehigh yieldpadi gogo

Galeri Produk

panen padi gogo
Video courtesy of UPT BIT LIPI