1. 

Tujuan

  Prosedur ini ditujukan untuk memberikan panduan untuk menggunakan menu Layanan Pengujian dalam web SIERAJIN (Sistem Informasi Peralatan dan Pengujian).

2.

Ruang Lingkup

 

Prosedur ini berlaku bagi pelanggan layanan pengujian di Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) dan pegawai internal Puslit untuk menggunakan menu Layanan Pengujian dalam web SIERAJIN (Sistem Informasi Peralatan dan Pengujian).

3.

Rujukan

  -

4.

Penanggung jawab

 

Kepala Sub Bidang Peralatan Penelitian

5.

Istilah dan Definisi

 

Operator Alat adalah personil laboratorium (peneliti/teknisi) yang memiliki kompetensi pengoperasian alat tertentu. Daftar Operator Alat disusun oleh Kepala tiap laboratorium dan Kepala Sub Bidang Peralatan Penelitian. Operator Alat ditugaskan oleh Kepala Puslit Bioteknologi untuk memberikan pengenalan, pelatihan pengoperasian, dan menguji calon pengguna alat serta mengawasi pengoperasian alat.

6.

Rincian Prosedur

 
  1. Pelanggan melihat daftar layanan pengujian pada Sistem Informasi Peralatan dan Pengujian (SIERAJIN) pada alamat web: http://intra.biotek.lipi.go.id/p2btsarlit. Menu yang diakses: Layanan Pengujian > Daftar Layanan Pengujian.
  2. Untuk memeperoleh informasi yang lebih detil, pelanggan menghubungi staf administrasi LPB melalui nomor 021-87905152 atau e-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  3. Pelanggan mengajukan permintaan pengujian dengan datang langsung atau melalui telepon/e-mail. Contoh uji dapat dikirim melalui jasa pengiriman barang jika durasi dan kondisi transportasi tidak berpengaruh signifikan pada contoh uji.
  4. Pelanggan baru memberikan data diri (nama, instansi, alamat, nomor telepon/hp, dan e-mail).
  5. Pelanggan yang belum pernah memasukkan data identitas dimohon mengisi data diri secara on-line pada SIERAJIN pada alamat web: http://intra.biotek.lipi.go.id/p2btsarlit. Menu yang diakses: Layanan Pengujian > Input Data Pelanggan LPB.
  6. Staf Bagian Administrasi LPB (Staf Adm.) memasukkan data permintaan serta perkembangan proses pengujian pada SIERAJIN melalui menu: Layanan Pengujian > Registrasi Pengujian. Jika mengalami kesulitan, Staf Adm. Dapat meminta bantuan Operator web SIERAJIN yang mengelola informasi Layanan Pengujian.
  7. Pelanggan memantau perkembangan proses pengujian pada SIERAJIN melalui menu: Layanan Pengujian > Lihat Hasil Pengujian.
  8. Pelanggan mengambil Laporan Hasil Pengujian secara langsung dari Personil Admnistrasi LPB atau meminta untuk dikirim melalui jasa pengiriman. Laporan Hasil Pengujian tidak disampaikan melalui SIERAJIN.
  9. Pelanggan dipersilahkan untuk memberikan saran dan masukan untuk perbaikan layanan pengujian melalui Personil Administrasi LPB.