1. 

Tujuan

  Prosedur ini ditujukan untuk memberikan panduan bagi Pengelola SIERAJIN untuk mengelola informasi di dalam web sistem informasi dan mengembangkan web.

2.

Ruang Lingkup

  Prosedur ini berlaku bagi Pengelola SIERAJIN Puslit bioteknologi untuk menambah, merubah, dan menghapus data serta mengembangkan web dan sistem informasi. 

3.

Rujukan

  -

4.

Penanggung jawab

4.1. Kepala Sub Bidang Peralatan Penelitian

5.

Istilah dan Definisi

 
  1. Pengelola Sierajin adalah pegawai pada Sub Bidang Peralatan Penelitian yang ditugaskan untuk mengelola web SIERAJIN yang meliputi penambahan, perubahan, dan penghapusan data dan informasi.
  2. Administrator adalah pengelola yang bertanggung jawab untuk melakukan perubahan / pengembangan web sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama serta mengelola akses para user.pengurangan, dan penghapusan data serta pengembangan web dan sistem informasi.
  3. Operator adalah pengelola yang bertanggung jawab untuk mengelola informasi pada menu tertentu di dalam web sistem informasi yang meliputi penambahan, perubahan, dan penghapusan data.
  4. Penanggung jawab Alat (Pj-Alat) dalam lingkup prosedur ini adalah teknisi Sub Bidang Peralatan Penelitian yang ditugaskan untuk mengatur dan memantau penggunaan peralatan penelitian pada koridor/lab tertentu.

6.

Rincian Prosedur

6.1. Pengelolaan Menu Tentang Kami dan Peralatan Penelitian
A.  Data Inventaris Peralatan Penelitian
 
  1. Operator memeriksa data setiap 6 bulan sekali dan melakukan penambahan, perubahan, dan penghapusan data setiap diperlukan.
  2. Pj-Alat memeriksa data inventaris alat dalam web SIERAJIN setiap 6 bulan sekali.
  3.  Hasil pemeriksaan dilaporkan kepada Kasub. Bid. Peralatan Penelitian. Jika sebelum 6 bulan tersebut terdapat perubahan/ketidaksesuaian data, Pj-Alat melapor kepada Kasub. Bid. Peralatan Penelitian.
  4. Kasub. Bid. menginformasikan hasil pemeriksaaan Pj-Alat kepada Operator, kemudian Operator melakukan penambahan / perubahan / penghapusan data sesuai hasil pemeriksaan tersebut.
  5. Untuk keperluan pengelolaan informasi, Operator meminta data mengenai laboratorium dari teknisi/peniliti lab terkait, serta data Pj-Alat dan Kelompok Kerja dari Kasub. Bid. Peralatan Penelitian.
  6. Setelah melakukan penambahan / perubahan / penghapusan data Operator memberitahu Administrator.
B. Booking Penggunaan Alat On-line
 
  1. Pj-Alat memeriksa daftar booking on-line setiap hari pada akhir jam kerja untuk mengatur penggunaan alat hari kerja berikutnya.
  2. Jika terdapat lebih dari satu booking untuk waktu yang hampir bersamaan, Pj-Alat mendahulukan pengguna yang melakukan booking lebih dulu, dilihat pada kolom Booking dibuat.
6.2. Pengelolaan Menu Pemeliharaan dan Kalibrasi
 
  1. Kasub. Bid. Peralatan memberikan informasi ajuan pemeliharaan dan kalibrasi dari pegawai kepada anggota Kelompok Kerja (Pokja) Kalibrasi/verifikasi dan Pemeliharaan Alat.
  2. Anggota Pokja memberikan informasi kepada Koordinator Poka dan Operator terkait.
  3. Operator melakukan penambahan / perubahan / penghapusan data sesuai informasi dari anggota Pokja.
  4. Pj- Alat membantu anggota Pokja dalam memantau perkembangan proses pemeliharaan dan kalibrasi alat dan dalam memberikan informasi kepada Operator.
  5. Operator memperbarui data perkembangan proses pemeliharaan dan kalibrasi sesuai informasi dari anggota Pokja atau Pj-Alat. 
6.3. Pengelolaan Menu Layanan Pengujian, Panduan, dan Kotak Saran
 
  1. Operator meminta informasi daftar layanan pengujian dan pelanggan kepada Staf Manajer Umum (Staf Adm.) Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB).
  2. Operator melakukan penambahan / perubahan / penghapusan data sesuai informasi tersebut.
  3. Operator memeriksa kebaruan daftar pelanggan setiap bulan dan daftar layanan pengujian setiap 6 bulan sekali. Jika terdapat informasi perubahan data sebelum periode pemeriksaaan tersebut, operator segera melakukan penambahan / perubahan / penghapusan data pada web SIERAJIN.
  4. Operator membantu Staf Adm dalam menambah / merubah / menghapus data proses pengujian pad menu Layanan Pengujian > Registrasi Pengujian.
6.4. Pengelolaan Data Base di Server
 
  1. Kasub. Bid. Peralatan Penelitian menghubungi Kasub. Bid. Pengelolaan Hasil Penelitian (PHP) untuk meminta ijin akses server.
  2. Kasub. Bid. PHP atau staf mendampingi Penanggung jawab atau Administrator SIERAJIN pada saat mengelola data base SIERAJIN di server Puslit Bioteknologi.
  3. Penanggung jawab atau Administrator SIERAJIN mendokumentasikan pengelolaan data base yang telah dilakukan.
6.5. Pengembangan Sistem dan Web
 
  1. Pegawai internal Puslit Bioteknologi memberikan saran peningkatan web secara on-line melalui web SIERAJIN pada menu Hubungin Kami > Kotak Saran, secara tertulis (off-line), atau lisan yang dicatat oleh Operator.
  2. Operator merekap semua saran peningkatan yang diberikan.
  3. Tim Pengelola web SIERAJIN membahas peningkatan web berdasarkan kebutuhan dan / atau saran dari pengguna dalam rapat yang diadakan secara khusus untuk pengembangan web.
  4. Penanggung jawab menetapkan langlah-langkah dalam pengembangan web.
  5. Administrator merealisasikan pengembangan web dibantu oleh para Operator.
  6. Seluruh Operator membantu Administrator dalam memberikan data yang diperlukan, memberikan saran, dan melakukan uji coba hasil pengembangan.
  7. Jika diperlukan sosialisasi kepada pengguna internal, Operator menyusun jadwal dan metode sosialisasi yang akan dilakukan.