1. 

Tujuan

  Prosedur ini ditujukan untuk memberikan panduan bagi pengguna untuk mengakses informasi dan menggunakan fasilitas yang ada di dalam web sistem informasi sesuai dengan tingkat akses yang diberikan.

2.

Ruang Lingkup

  Prosedur ini berlaku bagi pegawai internal puslit bioteknologi untuk mengakses web SIERAJIN (Sistem Informasi Peralatan dan Pengujian).

3.

Rujukan

  -

4.

Penanggung jawab

4.1. Kepala Sub Bidang Peralatan Penelitian

5.

Istilah dan Definisi

5.1. Pengelola sistem informasi adalah pegawai pada Sub Bidang Peralatan Penelitian yang ditugaskan untuk mengelola web SIERAJIN, serta memasukkan, merubah, dan menghapus data.
5.2. Pengguna internal adalah pegawai puslit bioteknologi yang dapat memiliki username dan password untuk mengakses informasi dalam web SIERAJIN

6.

Rincian Prosedur

6.1. Ketentuan Umum
 
  1. Pegawai yang belum memiliki username dan password SIERAJIN menghubungi Pengelola sistem.
  2. Pengelola sistem memberikan username dan password kepada pegawai yang memerlukan serta mengaktifkan akun user tersebut.
  3. Pengguna internal membuka halaman web SIERAJIN pada alamat: http://intra.biotek.lipi.go.id/p2btsarlit, kemudian memasukkan username dan password pada formulir login. Halaman yang tampil adalah halaman beranda.
  4. Pengguna melihat daftar laboratorium, penanggung jawab alat, dan kelompok kerja di Sub Bidang Peralatan penelitian dengan meng-klik menu Tentang Kami, kemudian memilih sub menu yang diinginkan.
  5. Panduan penggunaan sistem ini dapat dilihat juga secara on-linepada web SIERAJIN melalui menu Panduan > Panduan Sistem Informasi > Penggunaan Sistem.
  6. Pengguna dapat melihat prosedur penggunaan alat pada menu Panduan > Panduan Penggunaan Alat > Pengguna Internal.
6.2. Data Inventaris Alat
 
  1. Pengguna melihat data detil inventaris alat dengan meng-klik menu Peralatan Penelitian > Inventaris Alat, kemudian meng-klik ikon “view” pada kolom tabel paling kanan.
  2. Untuk melihat data alat tertentu, pengguna dapat menuliskan kata kunci (misal: jenis alat, merek, laboratorium) pada kolom penelusuran data di atas tabel inventaris. 
  3. Pengguna juga dapat mengelompokkan data berdasarkan kolom/kategori tertentu dengan meng-klik fitur “group by”.
6.3. Booking Penggunaan Alat On-line
 
  1. Pengguna dapat melakukan booking penggunaan alat secara on-line untuk beberapa alat dengan meng-klik link “on-line” pada kolom Booking Alat pada tabel inventaris alat.
  2. Pengguna memasukkan tanggal dan jam rencana penggunaan alat pada formulir “Booking Alat On-line”, kemudian meng-klik ikon “simpan”.
  3. Untuk melihat daftar semua alat yang telah di-booking, pengguna meng-klik menu “Daftar Booking” dan menggunakan fitur “group by” untuk mempermudah pembacaan data.
  4. Pengguna dapat melihat daftar booking masing-masing dengan meng-klik menu “Daftar Booking-ku” dan “Kalender Booking-ku”.
  5. Untuk merubah atau membatalkan booking alat, pengguna meng-klik ikon edit dan delete” pada kolom paling kanan pada tabel Daftar Booking-ku.
6.4. Pemeliharaan dan Kalibrasi
 
  1. Untuk mengajukan pemeliharaan alat dan kalibrasi pengguna meng-klik menu Pemeliharaan Dan Kalibrasi > Pengajuan.
  2. Penggguna melihat perkembangan proses pemeliharaan dan kalibrasi melalui sub menu Status Pemeliharaan.
  3. Untuk melihat alat yang telah dikalibrasi dan rencana kalibrasi, pengguna mengakses sub menu Hasil Kalibrasi dan Program Kalibrasi.
6.5. Layanan Pengujian Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB)
 
  1. Pegawai yang akan menggunakan jasa layanan pengujian mengikuti panduan dengan meng-klik menu Layanan Pengujian > Prosedur Layanan Pengujian.
  2. Pengguna internal dapat melihat dokumen mutu LPB dengan meng-klik menu Layanan Pengujian > Dokumen Mutu LPB, kemudian memilih dokumen apa yang akan dilihat. Dokumen tersedia dalam format *.pdf.