Daftar Hasil Penelitian
2010
Metode
Teknik micropropagasi tanaman Sukun (Artocarpus altilis (Parkinson) Fosberg) Unggul asal Bone.

 

Metode perbanyakan cepat dan massal diperlukan untuk produksi bibit sukun (Artocarpus altilis) unggul seperti tanaman asal Bone Sulawesi Selatan. Perbanyakan konvensional maupun dengan kultur jaringan perlu dioptimasi.  Optimasi metode stek cabang dapat dilakukan dengan pemilihan umur stek yaitu dengan menanam stek cabang bagian bawah, tengah, atas, dan stek akar serta cangkok. Untuk perbanyakan secara in vitro perlu dilakukan optimasi komposisi media antara lain dengan perlakuan zat pengatur tumbuh.

 

Dalam penelitian ini akan dilakukan yang diharapkan memiliki varietas yang unggul. Selanjutnya varietas unggul tersebut akan diperbanyak melalui beberapa teknik seperti kultur tunas samping dan stek cabang bawah.

Diperolehnya metode perbanyakan massal varietas sukun dari daerah Bone (Sulawesi Selatan) secara stek dan in vitro

 Produksi bibit unggul tanaman sukun dengan metode sederhana.

 

 Sari L, Wulansari A, Noorrohmah S, Imelda M & Prana MS. 2017. Perbanyakan Sukun (Artocarpus altilis (Parkinson) Fosberg) secara In Vitro melalui Proliferasi Tunas dan Ex Vitro dengan Stek batang. Prosiding UNAS (in Press).

Satu paket metode
Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman Puslit Bioteknologi LIPI.
Terbuka
5

 Produsen bibit tanaman

-
Super User
Foto dan Gambar
Gambar 1A. Lokasi pengambilan sukun Bone, 1B,C. Kultur tunas pucuk sukun asal Bone,pada media MS + 0,4 mg\l TDZ (umur 8 minggu).
Gambar 2. Tunas pucuk pada media MS dan 0,4mg TDZ umur 3 bulan.A
Gambar 2A. Stek cabang bawah, B. stek cabang bawah umur 2 bulan.