Daftar Hasil Penelitian
2016
Metode
Metode konservasi in vitro Taka (Tacca leontopetaloides) dengan perlakuan suhu rendah

Metode perbanyakan in vitro taka telah dikembangkan di Laboratorium Biak sel dan Jaringan Tanaman, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Klon-klon hasil perbanyakan perlu diseleksi untuk penelitian lanjutan sekaligus perlu dilakukan konservasi agar tersedia klon-klon terpilih secara berkesinambungan. Konservasi in vitro dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa diantaranya dengan perlakuan suhu rendah. Pada suhu rendah metabolisme tanaman menjadi lebih lambat sehingga pertumbuhannya juga lebih lambat. Dengan demikian subkultur dapat dilakukan dengan frekuensi lebih jarang.

Beragam klon-klon tunas hasil perbanyakan in vitro tersedia secara kontinyu di laboratorium pada media MS dengan frekuensi subkultur lebih jarang.  .

Mendapatkan metode konservasi untuk pemeliharaan planlet Tacca leontopetaloides secara in vitro dengan perlakuan suhu rendah.

Hapsari, B.W., A.F. Martin, D.E. Rantau, Rudiyanto, dan T.M. Ermayanti. 2015. Pengaruh konsentrasi gula terhadap pertumbuhan kultur tunas Tacca leontopetaloides. Prosiding Seminar Nasional XVIII. “Kimia dalam Pembangunan”. Yogyakarta, 17 September 2015. Hal. 227-232.

Satu paket metode
Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI
Terbuka
3

Produsen bibit tanaman

-
Super User
Foto dan Gambar
Gambar 1. Planlet Tacca leontopetaloides umur 18 minggu pada suhu A. 100C, B. 130C dan C. 250C Tabel 1. Tinggi tanaman, jumah tunas, dan jumlah akar Tacca leontopetaloides umur 18 minggu Keterangan: Angka yang diikuti oleh huruf yang sama pada kolom yan
Angka yang diikuti oleh huruf yang sama pada kolom yang sama tidak berbeda nyata berdasarkan uji jarak berganda Duncan pada alpha = 5%