Daftar Kegiatan
2015
Perakitan varian baru, perbanyakan dan konservasi tanaman Umbi-umbian secara in vitro serta aplikasi pupuk hayati.
Penelitian laboratorium
DIPA Tematik

Pengembangan berbagai jenis komersial (Citrus sp.) terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas jeruk Indonesia.  Salah satu perbanyakan pada tanaman jeruk yang sering dilakukan secara konvensional adalah dengan sambung pucuk. Teknik ini dapat pula dilakukan di laboratorium secara in vitro, yang dikenal dengan teknik sambung mikro, sehingga produksi bibit tidak terkendala oleh waktu dan musim. Keuntunggan teknik sambung mikro lainnya adalah dapat dilakukan untuk mengetahui lebih dini tingkat kompatibilitas batang atas dan batang bawah, mempersingkat masa juvenil, tunas batang atas dapat langsung diaklimatisasi tanpa melalui proses induksi akar secara in vitro. Perkecambahan jeruk JC telah berhasil dilakukan secara in vitro sehingga material untuk batang bawah tidak terkendala. Perbanyakan in vitro batang atas juga telah dilakukan.

Diperoleh bibit tanaman jeruk komersial unggul hasil manipulasi somatik  yang memiliki daya hidup tinggi pada proses aklimatisasi dan lebih cepat berbuah.

  1. Aida Wulansari, Dyah Retno Wulandari, Deritha Ellfy Rantau, Tri Muji Ermayanti. 2016.  Sambung Mikro Tiga Kultivar Jeruk Batang Atas dengan Jeruk Batang Bawah Japansche Citroen. Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Biologi Indonesia 11 November 2015. Hal: 271-280.
  2. Dyah Retno Wulandari, Agus Purwito, Slamet Susanto, Ali Husni and Tri Muji Ermayanti.  2016.  Mikropropagasi pamelo ‘Nambangan’ (Citrus maxima (Burm.) Merr.) pada media sederhana.  Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Biologi Indonesia 11 November 2015. Hal: 281-288.
2014-2015
Selesai
Terbuka
Super User
Laporan Kegiatan